Diposting : 22 January 2020 00:54
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/ kONTES - Sekolah SMKN 3 Tabanan, Drs I Ketut Suardana MM menghidupkan salah satu motor kontes
balitribune.co.id | SEBAGAI agenda tahunan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Tabanan kembali mengaakan kontes modifikasi motor merayakan hari jadi Ke-15, Senin (20/1).
 
Kontes yang diadakan di halaman sekolah diikuti 46 peserta. Motor-motor ini merupakan hasil kreasi murid sekolah. Mereka bertarung untuk menjadi yang terbaik dalam kelas yang dilombakan antara lain Matic Modification (33 peserta) dan Bebek Modification (13 peserta).
 
Bertujuan mengembangkan minat dan bakat siswa sekolah, kriteria masing-masing kelas pun tidak dibuat terlalu rumit. Di antaranya, nomor mesin dan chasis masih terlihat jelas pada motor, rangka motor masih standar dan harus layak jalan.
 
Item penilain meliputi ide modifikasi serta tingkat kesulitan serta inovasi menaklukan sebuah modifikasi motor. Jurnalis Bali Tribune yang didapuk jadi juri kontes menilai, tampilan motor-motor modifikasi yang dilombakan tidak kalah heboh dengan garapan dedengkot-dedengkot modifikator di Bali.
 
Kepala Sekolah SMKN 3 Tabanan, Drs I Ketut Suardana MM, mengungkapkan, kontes modfikasi digelar untuk merayakan HUT ke-15 SMKN 3 Tabanan dengan tujuan menguji kemampuan siswa memodifikasi motor tanpa harus mengorbankan mobilitasnya sebagai seorang siswa. 
 
"Nilai penting dari kontes agar modifikasi motor anak didik tetap memperhatikan aturan kepolisian, demi keamanan mereka di jalan raya," kata dia. Ketua Panitia Kontes, I Putu Arsana, ST, menambahkan, juara di masing-masing kelas mendapatkan hadiah pembinaan dan piagam.