Diposting : 28 January 2020 19:41
A.A. Samudra Dinata - Bali Tribune
Bali Tribune/Wakill Ketua DPC Hanura Bangli, I Made Madra.

balitribune.co.id | Bangli - Tiga partai politik (parpol) yakni Nasdem, Demokrat dan Hanura mulai merapatkan barisan membangun koalisi bersama. Dengan akumulasi 6 kursi yakni  Nasdem dengan raihan 2 kursi, Hanura 1 kursi dan Demokrat 3 kursi   praktis dapat mengusung calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada nanti. Arah  membanguan koalisi setelah dilakukan  pertemuan para elit parpol di seputaran kota Bangli Minggu (26/1).  Pertemuan dihadiri oleh  Ketua DPW Nasdem Bangli, Jro Tindih, Wakil Ketua DPC Hanura Bangli,  Made Madra dan Sekretaris Made Laksana  serta Pengurus DPD Partai Demokrat Bali, Ida Bagus Astawa Merta. Sementara dengan dibangunya koalisi ini, dipastikan akan tiga paket calon yang akan bertarung dalam Pilkda yang akan dihelat bulan September 2020 nanti.

Wakil Ketua DPC Made Madra saat dikonfirmasi membenarkan telah berlangsung pertemuan lintas partai dalam kaitanya untuk membangun koalisi. Sebut Made Madra dengan dilandasi persepsi yang sama yakni membanguan Bangli lebih maju kedepanya hasilnya sepakat membangun koalisi. “hasil pertemuan kemarin akan ditindaklanjuti dengan  melaporkan ke masing- masing DPD dan DPP,” kata  Made Madra .

Sebut Madra, nantinya tidak menutup kemungkian parpol lain akan ikut  bergabung dalam koalisi lintas parpol ini. “Sudah barang tentu  hal tersebut yang kami harapkan. Dengan semakin banyaknya parpol ikut berkoalisi tentu akan semakin solid  perjuangan dalam Pilkada nanti,” jelas politisi asal Banjar Pule, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini.

Disinggung  untuk calon yang akan diusung. Made Madre mengatakan untuk calon yang diusung masih berproses. “Yang jelas calon yang diusung nantinya  tentu memilki ektebelitas dan popularitas serta SDM yang mumpuni. Partai koalisi tentu tidak ingin mengusung  calon asal- asalan  tapi juga melihat kapasitas dari calon yang diusung,” tegas Made Madra.

Sementara , kemungkian besar calon yang dibidik partai koalisi adalah paket Ida Bagus Giri Putra dan Sang Putu Putra Erawan. Ida Bagus Giri Putra adalah Sekda Bangli sedangkan Sang Putu Putra Erawan adalah mantan Perbekel Awan, Kintamani.

Walaupun paket IB Giri Putra dengan Sang Putu Putra Erawan mendaftar di Golkar tapi peluangnya meraih rekomindasi sangat kecil pasalnya jauh - jauh hari Ketua DPD Golar Bangli, Sumajaya Linggih dalam statemenya mengatakan  Golkar dalam Pilkada lebih mengutamakan calon dari kader. Jika koalasi terbanguan akan nada tiga paket calon yang bertarung yakni paket  dari PDIP (Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar), Golkar (Made Subrata  dan Nagkan Made Kuta Parwatha) partai koalisi (IB Giri Putra dan Sang Putu Putra Erawan) dan diprediksi pertarungan akan berlangsung sengit karena masing- masing calon memiliki pendungkung fanatik.