Diposting : 1 April 2019 23:01
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ RINGSEK - Bus travel dan truk yang terlibat adu jangkrik Sabtu sore kondisinya ringsek.
balitribune.co.id | Negara - Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi dijalur nasional Denpasar-Gilimanuk Sabtu (30/3) sore. Kecelakaan dijalur tengkorak ini melibatkan angkutan travel dengan truck. Akibat kecelakaan ini kedua kendaraan yang terlibat adu jangkrik kondisinya ringsek sehingga proses evakuasi pengemudi dan penumpang berlangsung cukup lama. Bahkan dua wisatawan asing yang merupakan penumpang travel menjadi korban kecelakaan ini.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh Minggu (31/3) kemarin, kecelakaan tersebut terjadi Sabtu sore sekira pukul 14.45 Wita  di Jalan Umum Jurusan Denpasar – Gilimanuk. Kecelakaan depan-depan itu melibatkan  kendaraan travel Bus Hino nomor polisi DK-7455-FS dengan truck box nomor polisi P-9103-ZO. Lokasi kejadian diruas jalan KM 113-114,  Banjar  Pangkung Dedari, Desa Melaya. Kejadiannya tersebut berawal saat kendaraan truck box Yayak Susilo (23) asal Desa Tembok Rejo,  RT 01/RW 08, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi bergerak pada jalurnya dari arah timur (Denpasar) ke barat (Gilimanuk).
 
Memasuki TKP pada situasi jalan beraspal baik dengan marka tengah putus-putus dan arus lalu lintas sedang, tiba-tiba dari arah berlawanan datang kendaraan travel Bus Hino yang dikemudikan oleh Tri Andi Prasetyo (28) warga Jalan Rajawali, Lingkungan Asri, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.  Kendaraan travel yang berpenumpang wisatawan asing tersebt dengan kecepatan tinggi berusaha menyalip sepeda motor yang ada didepannya hingga masuk kejalur kanan serta melewati garis as tengah jalan tanpa memperhatikan truck box yang melaju dengan kecepatan sedang didepannya. Tabrakan pun tak terhindarkan.
 
Bahkan truk box sempat berusaha menghindar dengan banting setir ke kiri hingga menabrak pohon perindang yang ada di selatan jalan. Akibat kecelakaan ini. kondisi kedua kendaraan ringsek. Warga bersama petugas berusaha mengevakuasi pengemudi termasuk penumpang yang ada didalam kendaraan tersebut. Kecelakaan ini sempat mebuat arus lalu lintas Jawa-Bali tersendat. Kasat Lantas Polres Jembrana, AKP Yoga Widiatmoko dikonfirmasi Minggu kemarin mengatakan akibat kecelakaan tersebut pengemudi maupun penumpang mengalami luka-luka. Bahkan menurutnya ada dua WNA yang menjadi penumpang travel tersebut.
 
Kedua wisatawa aing itu yakni Beranek Martin (laki-laki, 31) dan Stetinova Dorota (wanita-29) WN Republik Ceko. Setelah berhasil dievakuasi, baik pengemudi mampun penumpang kendaraan yang kondisinya ringsek ini dilarikan ke RSU Negara. Pihaknya setelah melakukan olah TKP, juga berkordinasi terkait dua WNA yang luka-luka tersebut dengan pihak Konsulat Republik Ceko. Menurutnya dididuga penyea kecelakaan ini adalah kelalaian dari pengemudi bus travel tersebut.